Sunday, January 12, 2014

Tinalapu - Pulau dengan Perairan Indah Menawan Luar Biasa


Pulau Kecil Nan Cantik





















Pulau dengan perairan jernih di Sulawesi tak hanya ada di Bunaken. Ada Pulau Tinalapu, yang juga punya perairan jernih dan bening seperti kaca. Pulau ini juga terkenal oleh seafood yang menggugah selera.
Tinalapu adalah pulau kecil nan cantik di Teluk Tomini, tidak jauh dari kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Pulau ini belum terkenal di kalangan traveler. Namun karena itulah, panoramanya masih sangat asli.
Kami berangkat dari Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai menuju Pagimana, sebuah kecamatan yang memiliki pelabuhan dan juga terkenal akan wisata kuliner, terutama seafood-nya. Dari kota Luwuk menuju ke Pagimana memerlukan waktu kurang lebih 3 jam via darat. Di Pagimana juga terdapat beberapa penginapan sederhana. Kami bermalam di sebuah penginapan sebelum menyeberang pada keesokan harinya.
Paginya, setelah sarapan pagi di Restoran Esther yang juga menjadi dermaga keberangkatan kami, perahu kami segera angkat sauh menuju Pulau Tinalapu.
Sekitar satu jam mengarungi laut, akhirnya perahu kami bersandar di Pulau Tinalapu. Pulaunya sangat kecil dan terkesan gersang karena tidak banyak ditumbuhi pepohonan besar. Namun air lautnya yang jernih dan pantainya yang memiliki pasir putih bersih dan sangat halus membuat kami betah bermain-main dan berfoto ria disana.
Bagi yang gemar snorkeling, pemandangan bawah lautnya sangat sayang untuk dilewatkan. Kualitas air laut yang 'extraordinary' membuat terumbu karangnya yang berukuran besar bisa tumbuh dengan baik. Berbagai jenis ikan dengan corak warna-warni pun dapat Anda temui di tempat ini, dan sangatlah memanjakan mata.
Setelah puas bermain air pastinya perut Anda lapar bukan? Jangan khawatir, sekembalinya ke Pagimana, segeralah memesan hidangan seafood yang istimewa. Ada beberapa restoran dengan bangunan kayu yang dibuat menjorok kearah laut yang bisa Anda singgahi untuk sekedar berwisata kuliner. Menu spesial di tempat ini adalah lobster dan kepiting kenari! 

Maskapai Penerbangan yang melayani perjalanan Jakarta - Luwuk adalah Sriwijaya Air dan Lion Air. Lama penerbangan dengan Sriwijaya adalah 4 jam 55 menit dan transit di Makasar selama 1 jam 10 menit. Sedangkan apabila terbang direct dengan Lion Air, lama penerbangan adalah 5 jam 15 menit. Jika dengan Sriwijaya dari Jakarta, berangkat jam 5.15 pagi dan tiba di Luwuk jam 11.10 pagi. Jika dengan Lion Air dari Jakarta, berangkat jam 11.20 pagi dan tiba di Luwuk jam 17.35 sore.

Harga tiket sekali jalan Jakarta Luwuk berkisar Rp. 1.565.000,- hingga Rp. 2.375.000,- Anda juga dapat menggunakan pesawat apapun ke Makasar atau Manado, lalu diteruskan ke Luwuk. Dari Manado ke Luwuk  naik pesawat Express Air. Dari Makasar  ke Luwuk dengan Sriwijaya Air atau Lion Air.  

Begitu anda mendarat di bandara Syukuran Aminuddin Amir, anda bisa makan siang terlebih dahulu lalu berangkat dengan mobil sewaan ke Pagimana dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Di Pagimana terdapat penginapan murah dan dilengkapi dengan AC, kamar mandi private, TV atau Kulkas. Di kota kecamatan ini banyak terdapat restoran Seafood, misalnya Restoran Esther. Kapal akan berangkat dari dermaga restoran ini.

Estimasi Budget: Car rental = IDR 400.000 (24 hour) tanpa sopir. Penginapan di Pagimana = IDR 250.000 per malam, dengan kamar ekstra besar, kapasitas 6-8 orang atau, IDR 150.000 untuk kamar lebih kecil dengan kapasitas 4-5 orang. Sewa Boat IDR 800.000 termasuk BBM untuk tujuan Pagimana-Tinalapu dan pulau sekitar. Tip untuk awak boat IDR 50.000. Sarapan pagi dan makan siang di Restoran  Esther: Nasi Goreng Seafood untuk sarapan pagi dan ikan bakar dengan sambal Dabu-Dabu untuk makan siang sekitar IDR 60.000 total per orang.
Underwater View
Pemandangan Bawah Laut Pulau Tinalapu






























Point of Interest di Sekitar Luwuk:
1. Jika ingin melihat burung Maleo yang langka, unik dan dapat menghasilkan telur yang lebih besar, Anda bisa mengunjungi Suaka Marga Satwa Bangkirang yang terletak 56 km dari Kota Luwuk. Pada malam hari, Anda dapat bersenang-senang dengan mengunjungi Teluk Lalong. Tempat yang menjorok ke laut ini memberikan Anda keindahan pemandangan malam Kota Luwuk. Jika Anda ingin melihat sisa-sisa peninggalan sejarah di kota ini, maka tempat yang tepat untuk Anda kunjungi adalah Ondorneming Tobelombang yang terletak di Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai.

2. Anda dapat mengunjungi Kilo Lima, yakni sebuah tempat rekreasi keluarga berupa pantai yang landai. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan di hari-hari libur. Jika ingin bermain air Anda bisa juga mengunjungi Air Terjun Hanga-hanga yang terdapat di bukit Kota Luwuk. Anda juga bisa mengunjungi obyek wisata Air Terjun Tontouan dan Air Terjun Salodik yang menawarkan kesegaran dan keindahan panoramanya sambil bermain air. Terdapat Goa Salodik jika Anda berencana untuk mengunjungi sebuah goa di kota ini.


Makanan yang harus dicoba:
Milu Siram ala Luwuk adalah salah satu hidangan khas dari kota ini. Makanan ini berbahan dasar utama jagung dengan tambahan ikan tuna atau tongkol. Bisa juga Anda mencicipi pisang Louwe dengan rasa khasnya yang unik dan menggoda, bahkan untuk menikmatinyapun dipadukan dengan sambal terasi. Selain itu ada juga makanan khas lainnya yaitu seperti ikan asin dan rempeyek khas Luwuk dengan rasanya yang nikmat.


View Larger Map

Sumber: DetikTravel dan Utiket.com dan sumber lain.

No comments:

Post a Comment