Friday, January 17, 2014

10 Kepulauan Paling Cantik di Dunia - Maldives (1)

Mungkin kepulauan adalah tempat liburan paling indah. Kepulauan tropis dan pantai-pantai yang mempesona, keindahan alam yang menakjubkan, tetumbuhan dan dunia bawah laut yang luar biasa indah membuat kepulauan menjadi tempat wisata yang paling populer. Hanya ada beberapa kepulauan di seluruh dunia yang sungguh-sungguh layak dikunjungi. Berikut ini adalah daftar 10 kepulauan yang paling cantik di dunia.

1. Maldives [mawl-deevz]

Most Gorgeous Islands in the World

Berlokasi di Laut Laccadive Sea, di sebelah selatan India dan Sri Lanka, dan nama resmi negara ini adalah Republic of Maldives dengan ibukota Male, yang terdiri dari sekitar 2.000 pulau dengan luas total 298 km2. Maldives adalah firdaus tropis yang menarik ratusan ribu turis dari seluruh dunia. Air lautnya sangat bening, kepulauan dengan tetumbuhan yang subur, dan pantai berpasir putih yang mempesona. Di sana terdapat juga banyak pulau karang. Maldives adalah negara muslim 100% sehingga alkohol dan makanan non halal tidak tersedia di sini, juga tidak diperkenankan mandi matahari dengan tidak sopan (buka-bukaan). Mata uang yang digunakan di sini adalah Maldivian Ruffiya (MRf atau Rf), yang nilai tukarnya sekitar Rp. 1.000,- per MRf.

Maaya Thila:
Jika anda sangat menyukai keindahan bawah laut, pastikan anda mengunjungi Maaya Thila, salah satu tempat menyelam yang sangat populer dan memukau di Maldives. Maaya Thila itu sangat terkenal sebagai lokasi paling sempurna baik untuk scuba-diving malam hari atau siang hari.
Anda akan melihat ribuan spesies ikan dan lebih dari 3.000 terumbu karang yang ajaib dan luar biasa indah. Walaupun anda bukan penyelam profesional, cobalah menyelam (scuba diving) pada malam hari. Pasti sangat berbeda! Masukkan nama Maldives dan Maaya Thila sebagai salah satu tujuan wisata yang tidak boleh anda lewatkan sebelum anda meninggal.




Visa Kunjungan:
Visa on Arrival akan diberikan oleh Dept. Imigrasi dan Emigrasi Maldives untuk izin tinggal selama 30 hari, dengan syarat anda memiliki:
1. Passport yang sah dan masih berlaku lebih dari 6 bulan;
2. Tiket pesawat keluar/kembali dari Maldives;
3. Cukup dana untuk menutup biaya kehidupan selama di Maldives, dengan taksiran biaya USD 150 per hari, atau memiliki konfirmasi pemesanan hotel atau paket tour.


Pesawat:
Harga tiket pesawat Jakarta - Male (Maldives) dengan maskapai Srilankan Airlines adalah USD 545.- per orang pulang pergi. Alternatif penerbangan lain adalah dengan maskapai Malaysian Airlines dengan tarif sekitar Rp. 8.500.000,- hingga Rp. 14.500.000,- per orang pulang pergi, bergantung hari berangkat/pulangnya kapan.

Hotel:
Hotel di Male beragam tarifnya mulai dari bintang 1 hingga bintang 5. Tarif bintang 1 hingga bintang 3 berkisar Rp. 300.000,- hingga Rp. 1 juta. Yang paling menawan adalah tinggal di hotel yang dibangun di atas Atol yaitu pulau karang kecil yang dikelilingi laguna indah dengan perairan sebening kaca.

Ada banyak Atol di Maldives, seperti: Atol Selatan Male, Atol Utara Male, Atol Gaafu, Atol Ari Utara, Atol Laamu, Atol Dhaalu dan masih banyak lagi. Tarif hotel di Atol  berkisar antara Rp. 5 juta hingga lebih dari Rp. 20 juta per malam. Bahkan Hotel Soneva Fushi Resort di Kunfunadhoo Island Baa Atoll memasang tarif hotel sekitar Rp. 155 juta hingga Rp. 177 juta per malam untuk penginapan 8 orang  dan tarif tersebut di luar sarapan pagi. Perlu booking pesawat laut (seaplane/amphibi plane) ke lokasi hotel super mewah ini dengan membayar biaya USD 615 per orang dewasa (di atas 12 tahun) pulang pergi.

Tinggal di Atol sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu dalam keheningan dan kedamaian, jauh dari keramaian, jauh dari berita atau siaran TV, jauh dari disko atau klub malam, dan berlalunya waktu yang sangat santai.
Velassaru Maldives Resort

Spa:
Salah satu acara untuk menikmati liburan di Atol adalah dengan menikmati perawatan spa di Maldives dengan tarif di atas USD 150 per 60 menit, bergantung menu perawatan dan di hotel resort mana.


Transportasi:
Dari airport Male anda dapat pergi sampai bagian daratan paling timur, Boduthakurufaanu Magu dengan naik ferry atau taksi. Di sepanjang pantai itu banyak terdapat perahu (boat) carteran yang disebut Dhoni. Tarif sewa Dhoni per hari berkisar antra MRf 1.000 hingga MRf 1.500, bergantung kemampuan tawar menawar anda, jarak yang akan ditempuh atau lamanya perjalanan. Tarif sewa Dhoni akan lebih besar jika anda gunakan non-stop selama 12 jam dari jam 6.00 pagi. Sewa Dhoni/boat di hotel resort jauh lebih mahal, yaitu berkisar USD 200 hingga USD 250 per hari.

Meals: 
Makanan di Maldives terdiri dari berbagai jenis ikan tuna atau ayam dan lain-lain, yang dimasak dengan kari atau santan. Makanan populer lainnya adalah nasi yang dimasak dengan santan, roti (parotha), ubi, talas, singkong dan buah sukun (breadfruit). Harga sebotol air mineral adalah USD 1,50 dan pasti lebih mahal jika anda membeli di minibar hotel.

Jika anda tinggal di hotel resort yang terletak di Atol, mau tidak mau, anda harus makan pagi, makan siang, makan malam di Atol. Pilihlah tarif hotel atau paket liburan yang sudah termasuk makan di Atol.

Jika anda ingin menikmati liburan di Maldives dengan anggaran yang ekonomis, tinggallah di guest house atau hotel berbintang di sekitar daratan Male, tarif hotel dan makanan lebih murah. Selamat menikmati salah satu kepulauan paling cantik menawan di dunia!

No comments:

Post a Comment